Pengertian Overhaul Pada Mobil dan Tujuannya

30 Agustus 2021 Oleh Jlcmobil

Thumbnail Berita

Mengenal Overhaul Mesin dan Tujuannya

Overhaul adalah salah satu istilah dalam dunia permesinan, terutama mesin mobil. AutoFamily mungkin pernah mendengar istilah ini digunakan saat berada di bengkel.

Namun, apa sebenarnya overhaul itu? Apakah mesin mobil Anda memerlukan prosedur ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari simak uraiannya berikut.

Pengertian Overhaul pada Mobil

Istilah overhaul berasal dari bahasa Inggris yang berarti pemeriksaan. Di dunia permesinan, overhaul mesin adalah proses pembongkaran mesin untuk diperiksa dan diperbaiki bila terdapat komponen yang mengalami kerusakan. Terkadang, overhaul juga dikenal dengan istilah ‘turun mesin’ atau ‘belah mesin’.

Ada dua jenis overhaul, yaitu overhaul major dan minor. Pada major overhaul (kadang disebut overhaul total), keseluruhan komponen mesin mobil akan diperiksa.

Sedangkan pada semi overhaul (kadang disebut engine semi overhaul), hanya beberapa komponen mesin saja yang diperiksa. Umumnya, komponen mesin diperiksa tanpa membongkar blok silinder mobil.

Tujuan Overhaul

Secara umum, tujuan 'turun mesin' atau 'belah mesin' adalah untuk mengembalikan performa mesin mobil apabila mulai mengalami penurunan performa. Bisa juga menghindari mesin mengalami kerusakan. Namun, secara spesifik, berikut adalah tujuan dilakukannya overhaul mesin.

Membersihkan bagian ruang bakar mesin mobil dari kotoran berupa tumpukan karbon.

Memeriksa kondisi komponen-komponen di dalam mesin mobil. Jika memang mengalami kerusakan, komponen di dalam mesin akan diperbaiki atau diganti. Biasanya pemeriksaan ini meliputi bagian saringan oli, piston, camshaft atau poros nok, hingga crankshaft atau poros engkol.

Mengatur ulang dudukan katup (valve seat) pada mesin mobil.

Pada intinya, overhaul bertujuan untuk mengembalikan performa mesin mobil seperti semula.

Kapan Harus Melakukan Overhaul?

Sekarang masuk pada pertanyaan pentingnya, kapan Anda harus melakukan overhaul pada mobil? Umumnya, overhaul dilakukan saat mesin mobil mulai mengalami penurunan performa. Ada beberapa tanda pada mesin mobil yang bisa dijadikan patokan untuk itu.

Beberapa terlihat dengan jelas, namun Anda harus mengamati baik-baik untuk dapat mengetahui gejala mobil perlu overhaul. Berikut adalah contohnya.

1. ​​​​​​​Mobil Lebih Cepat Panas

Ciri yang paling mudah dirasakan adalah mesin mobil terasa lebih cepat panas. Mesin panas setelah penggunaan adalah hal yang wajar karena terdapat pergantian energi saat mobil melaju.

 

​​​​​​Namun, jika mesin mobil AutoFamily sudah terlalu panas dan saat sedang digunakan, bisa jadi mesin mobil perlu overhaul untuk pemeriksaan mendalam dan dilakukan tindakan perbaikan. Bila tidak, mesin mobil akan mengalami kerusakan di kemudian hari yang merugikan penggunanya.

2. Asap Pembuangan Berwarna Putih

Gejala lain bisa dilihat dari asap pembuangan knalpot. Umumnya, asap pembuangan mobil tidak berwarna. Oleh karenanya, jika mobil Anda mengeluarkan asap pembuangan berwarna putih pekat saat akselerasi atau melaju kencang, jangan ragu untuk membawanya ke bengkel dan melakukan overhaul sebagai langkah perbaikan.

3. ​​​​​​​Busi Selalu Diliputi Oli

Terkadang, Anda juga perlu mengamati mesin untuk mengetahui apakah mobil perlu overhaul atau tidak. Bagian yang perlu diamati adalah komponen busi.

Apabila busi selalu diliputi oli, maka sebaiknya Anda segera melakukan overhaul untuk membongkar mesin. Ini karena kondisi tersebut dapat mengindikasikan oli telah bercampur di ruang kompresi. Jika dibiarkan, oli akan terbakar sehingga oli cepat habis meski baru digunakan.

4. Air Radiator Menyembur

Air radiator juga bisa menjadi indikator. Jika AutoFamily merasa air radiator lebih cepat habis atau bahkan menyembur saat mobil dihidupkan, besar kemungkinan komponen radiator mobil mengalami kerusakan. Kondisi ini jelas membutuhkan overhaul.

5. ​​​​​​​Mesin sering mati mendadak

Kondisi berikutnya adalah jika mesin mobil sering mati mendadak. Ada beberapa penyebab mesin mati mendadak, seperti overheating. Namun, apapun penyebabnya, mesin yang sering mati mendadak adalah kondisi serius sehingga mobil perlu overhaul.

Dari sini, AutoFamily bisa tahu bahwa overhaul adalah salah satu prosedur perawatan untuk memperbaiki mobil. Meskipun melibatkan proses pembongkaran mesin, langkah overhaul juga berguna untuk menjaga performa atau kinerja mesin agar selalu prima.