Efektif 25 Oktober 2021 Ganjil-Genap Bertambah Ruas Wilayah Jakarta

23 Oktober 2021 Oleh Jlcmobil

Thumbnail Berita

Ganjil-Genap Diperluas 13 Ruas Segera Efektif

Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya bersama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Pemprov DKI Jakarta memutuskan untuk memperluas wilayah ganjil-genap di DKI Jakarta.

Dalam hal ini, Ditlantas Polda Metro Jaya dan Dishub DKI Jakarta memutuskan untuk memperluas wilayah ganjil-genap bukan tanpa alasan.

Berdasarkan pengamatan terhadap volume kendaraan di DKI Jakarta, pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2, terlihat adanya peningkatan volume kendaraan sebanyak 37-40%, jika dibandingkan dengan hari-hari di masa PPKM Level 3 dan 4.

“Lebih macet dari hari-hari sebelumnya, karena memang volume traffic-nya sudah naik antara tigapuluh tujuh sampai dengan empat puluh persen ya, dibandingkan dengan PPKM level empat maupun level tiga,” terang Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo, dalam keterangan pers di Jakarta, Jumat (22/10/2021).

Dengan pertimbangan adanya peningkatan volume lalulintas di wilayah DKI Jakarta, maka pihak Ditlantas Polda Metro Jaya dan Dishub DKI Jakarta memutuskan memperluas ruas jalan ganjil-genap, dari semula hanya tiga ruas jalan (Jl. Jenderal Sudirman, Jl. MH Thamrin, dan Jl. HR Rasuna Said), menjadi 13 ruas jalan, dengan rincian 10 ruas jalan tambahan:

Jl. Fatmawati

Jl. Panglima Polim

Jl. Sisingamangaraja

Jl. M.T Haryono

Jl. Gatot Subroto

Jl. S. Parman

Jl. Tomang Raya

Jl. Gunung Sahari

Jl. D.I Panjaitan

Jl. Ahmad Yani

Sementara itu, ketentuan ini akan efektif berlaku pada hari Senin (25/10/2021) besok, dan pemberlakuannya dilaksanakan pada dua sesi, mulai pukul 06:00-10:00 WIB untuk sesi I, dan pukul 16:00-21:00 WIB untuk sesi II. Sementara itu untuk hari Sabtu dan Minggu, serta hari libur nasional, ganjil-genap di 13 ruas jalan tersebut tidak berlaku.

"Tetap berlaku pada pagi dan sore hari, dari jam enam sampai jam sepuluh pagi, kemudian malam atau sore dari jam empat sore sampai jam dua puluh satu. Jadi yang tadinya sampai jam dua puluh, sekarang sampai jam dua puluh satu titik kosong kosong,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo, Jumat (22/10/2021).

Namun, ada sejumlah kendaraan yang tetap di ijinkan untuk melintas di 13 ruas jalan tersebut, di antaranya adalah kendaraan yang mengangkut penyandang disabilitas, ambulans, pemadam kebakaran, angkutan umum plat kuning, kendaraan yang digerakkan motor listrik, kendaraan yang mengangkut bahan bakar minyak dan gas, kendaraan pimpinan lembaga tinggi Republik Indonesia, dan lainnya.